Jaringan Friends of The Earth Menolak Investigasi Bermasalah Sawit Astra Agro Lestari.

oleh -1297 Dilihat
oleh
infosawit
Dok. Tangkapan Layar/Jaringan Friends of The Earth Menolak Investigasi Bermasalah Sawit Astra Agro Lestari.

InfoSAWIT SULAWESI, DONGGALA – Kelompok Jaringan masyarakat sipil Friends of the Earth (FOE) termasuk Walhi, menolak Investigasi sepihak masalah sawit yang dilakukan PT. Astra Agro Lestari Tbk., atau emiten sawit AALI, dengan menunjuk pihak ketiga Eco Nusantara.

Awalnya, PT. Astra Agro Lestari Tbk., dan Eco Nusantara berencana untuk mengadakan pertemuan awal, penyelidikan yang bermasalah atas pelanggaran lingkungan dan HAM, yang dituding kepada perusahaan emiten sawit AALI di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, Indonesia.

Kendati telah berulang kali mendapat perhatian dari kelompok lingkungan dan masyarakat yang terkena dampak. Walhi sebagai Friends of the Earth Indonesia, telah menolak menghadiri kick-off meeting yang kemudian dibatalkan.

BACA JUGA: Sawit Sulawesi Barat Miliki Perkebunan Kelapa Sawit Menghasilkan Seluas 73.578 Hektar

Pertemuan tersebut dijadwalkan setelah AALI menerbitkan “pembaruan kemajuan” di situs resmi webnya yang menyatakan bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan Friends of the Earth US dan menerima dukungan dari Walhi dalam penyelidikannya. Friends of the Earth US secara konsisten menyatakan bahwa substansi dan proses penyidikan—yang didikte secara sepihak oleh AAL dan konsultannya—tidak memadai dan bermasalah, sedangkan Walhi belum menyepakati terminologi atau framing investigasi lanjutan tersebut.

Redaksi InfoSAWIT mengutip rilis resmi yang dipublikasikan situs Walhi, yang menyatakan penolakan dari jaringan Friend of the earth.

Menurut Walhi, emiten sawit AALI dan konsultan Eco Nusantara, juga salah mengklaim bahwa mereka telah berpartisipasi dalam pertemuan kick-off investigasi yang diinisiasi pada Kamis, 25 Mei 2023.

BACA JUGA: Kasus Stop Pembelian CPO Astra Agro: Masyarakat Desa Rio Mukti Serahkan Berkas Data ke Eco Nusantara.

Berdasarkan rilis resmi yang telah dipublikasikan, Walhi dan FOE, secara posisi, menolak karakterisasi yang dilakukan dan investigasi ini, menegaskan kembali bahwa AAL harus mengembalikan tanah kembali ke masyarakat yang diambil tanpa persetujuan mereka, mengeluarkan permintaan maaf publik, menyediakan kompensasi atas hilangnya tanah dan mata pencaharian, serta melakukan pemulihan lingkungan berdasarkan fakta kasus yang muncul selama setahun terakhir.

Berikut rilis resmi yang didapat Redaksi InfoSAWIT melalui situs resmi Walhi yang berjudul:

Jaringan Friends of the Earth menolak investigasi bermasalah atas pelanggaran lingkungan dan HAM oleh perusahaan sawit Indonesia Astra Agro Lestari.


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InfoSAWIT Sulawesi. Mari bergabung di Grup Whatsapp "InfoSAWIT Sulawesi", caranya klik link InfoSAWIT Sulawesi, Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sulawesi atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

No More Posts Available.

No more pages to load.